Tuesday

110 Prajurit Terakota China Diekskavasi Tim Akreolog

Arkeolog asal China menemukan patung prajutit kuno Cina berbahan terakota yang telah terpendam di dalam tanah selama ratusan tahun. Patung itu ditemukan lewat proses penggalian baru-baru ini di kompleks pemakanan Kekaisaran Qin di wilayah utara Kota Xi'an. 

Patung Prajurit Terakota

"Proses penggalian di wilayah seluas 200 meter persegi menemukan total 110 patung prajurit berbahan terakota," kata Shen Maosheng dari Qin Shihuang Terracotta Warriors and Horses Museum.

"Yang paling signifikan dari penemuan baru-baru ini adalah bahwa peninggalan ini ditemukan dalam kondisi yang masih bagus dengan warna baik," tambah Shen seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (11/6/2011).

Selain menemukan prajurit terakota, arkeolog juga menemukan 12 kuda tembikar dan bagian kereta tempur. Tempat terpendamnya 11 patung prajurit kuno lain juga dikuak, tetapi belum dilakukan penggalian. Ditemukan pula tameng yang digunakan prajurit pada masa Dinasti Qin (221-206 SM).

Penemuan prajurit terakota ini merupakan temuan arkeologis lain yang mengejutkan di China. Sebelum temuan ini, arkeolog juga dikejutkan dengan penemuan bahwa Tembok Besar Cina ternyata dua kali lipat lebih panjang dari yang diperkirakan sebelumnya.

Patung terakota sebenarnya dibuat untuk tujuan dekorasi pemakaman. Patung ini dibuat untuk menemani atau melindungi Kaisar Qin Shi Huang dalam kehidupan setelah matinya. Patung ini ikut dikubur sekitar tahun 210-209 SM.

Sebelumnya, prajurit terakota juga pernah ditemukan pada tahun 1974 oleh petani yang tengah menggali untuk membuat sumur. Penemuan patung ini adalah salah satu temuan arkeologis terbesar di masa modern. 


Foto-Foto Lainnya  (Sumber : yahoo news)











Sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment